Rabu, 11 Oktober 2017

Makna Nama La Ode

Assalamu alaikum wr.wb.
Kali ini saya akan membahas  tentang makna dari kata “La Ode”.  mengapa saya ingin membahas tentang ini? karena saya sendiri juga menggunakan nama  ini “La Ode” dan tentunya biar teman – teman juga pada tahu apa makna dari nama La Ode.
Baik, saya langsung menjelaskannya saja yahh.

Dalam Suku Buton ada dua gelar bangsawan yaitu La Ode dan Wa Ode, yang mana La Ode untuk laki-laki (pria) dan Wa Ode untuk perempuan (wanita) yang dalam artinya “La” dalam bahasa arab berasal dari kalimat Syahadat “La illaha illaula” dan  “Wa” terdapat pada kalimat “Wa ashadu anna muhammadarrasulullah.
Sedangkan kata “Ode” memiliki arti bangsawan yang ditemukan dalam literatur bahasa arab kuno. Jadi, makna dari penggunaan nama La Ode dan Wa Ode secara tersirat adalah orang yang mulia dan terpuji dihadapan Allah SWT. Maka hendaklah para bangsawan Buton menjaga lidah dan semua indera, karena awalnya La Ode itu tidak diberikan kepada anak keturunan, hanya diberikan kepada sultan terpilih.
Keputusan untuk memberikan nama La Ode untuk anak keturunan bangsawan Buton merupakan kebijakan para “majelis adat”  dengan harapan sebagai upaya untuk melakukan identifikasi kepada anak turunan, para anak ini siapa tau dikemudian hari ditemukan bibit kepemimpinan pada diri mereka.  La Ode dalam proses identifikasi turunan ini menggunakan garis keturunan patrilineal (garis ayah) bukan garis matrineal (garis ibu).
Mudah-mudahan saudarah bisa sedik mengerti tentang makna nama “La Ode”
Buat saya pribadi, saya bangga dengan diberikannya gelar yang bergariskan keturunan bangsawan Buton “La Ode”  dan menjadi suatu ciri khas bagi saya pribadi disini dikota Depok “khususnya di kampus saya (Universitas Gunadarma)”. Insha allah gelar bangsawan ini mampu dipertahankan kemuliaannya di hadapan Allah SWT, amin.

FALSAFAH BUTON
·           POMA – MASIAKA ; Saling Kasih Mengasihi
·           POANGKA – ANGKATAKA ; Saling Dukung Mendukung
·           POPIA – PIARA ; Saling Menghargai Diri
·           POMAE – MAEAKA ; Saling Menghormati (Tidak Saling Memalukan)
·           POBBINCI – BBINCIKI KULI ; Serasa Sepenanggungan (Berlaku Adil Sesama Manusia).

Sekian dulu yah, jika ada teman-teman sekalian yang mengetahui  makna dari nama “La Ode” silahkan share apa yang teman-teman ketahui mengenai makna nama “La Ode” dan menurut teman-teman apa yang saya cantumkan diatas terdapat kesalahan, mohon dimaafkan. jika saya salah begitupun sebaliknya, teman-teman sekalianpun juga pernah salah “coba deh sekarang juga teman-teman cubit kulit kalian!!, bila sakit begitupun orang lain. Mengapa demikian?  karena kita semua umat manusia sama, berasal dari satu yaitu “AIR SETETES MANI IBU DAN BAPAK” yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita “NABI ADAM NABI HAWA”.


Wa alaikum salam wr.wb.

2 komentar:

  1. Awesome blog and you executed it nicely. We are here for printer support. Claiming this statement is hard for everyone to need the assistance of the HP Printer Support team on which time slot. In the initial days of working, all of us are bound to receive the standard quality throughput. Attaining the high-quality output is not under the control of the common person. The best option is that they should connect to the technical support team to defeat the HP Printer Offline issue. I have enquired my companies to take over this typical challenge, but I do not obtain the high quality as per standard parameter. I really appreciate the HP Support help team and recommend hiring their service to get the instant solution at all.

    BalasHapus
  2. For a business owner, there is nothing more irritable than to look after the requirements of bookkeeping when he has all the exciting things to do for his customers and services. Thankfully, Quickbooks handles this requirement so easily and efficiently that all his worries vanish into thin air. Quickbooks Contact Number

    BalasHapus